Selada yang Tumbuh di Luar Angkasa Aman Dimakan dan Enak Lho!


Selada sukses ditanam dan tumbuh di luar angkasa. Menurut para ilmuwan, selada dari luar angkasa ini aman dimakan dan rasanya juga enak.

Badan Penerbangan dan Antariksa Amerika Serikat (NASA) selama beberapa tahun terakhir terus menanam sayuran di luar angkasa. Dilansir dari Independent UK (10/03), menurut NASA selada yang mereka tanam ini aman untuk dikonsumsi dan bernutrisi seperti sayuran di bumi.

Selada yang tumbuh di luar angkasa memiliki komposisi yang sama dengan selada dari bumi. Sementara itu beberapa tanaman bahkan lebih kaya dalam sejumlah elemen termasuk kandungan potassium, sodium, dan zinc.

Eksperimen ini melibatkan benih tanaman yang ditanam di dalam wadah keramik tertutup dengan tanah. Kemudian wadah ini disorot dengan lampu LED merah selama 33-56 hari.

"Menurut saya tumbuhan akan menjadi bahan makanan yang sangat penting bagi para astronot di masa depan. Termasuk jika kita ingin tidak ketergantungan lagi kepada bumi," jelas Gio Massa, salah satu ilmuwan NASA yang menjalankan eksperimen ini.

"Jika kalian menyimpan makanan untuk waktu yang lama tentunya kualitas, rasa, dan kandungan nutrisi serta vitaminnya menurun. Kami tidak bisa menjamin apakah selada ini bisa mendapatkan banyak nutrisi. Namun tentu akan ada manfaat psikologis dari menanam dan merawat tanaman," jelas Gio lebih lanjut.

Dari eksperimen ini para ilmuwan terkejut ketika menemukan