Istri Yang Dimuliakan Allah Adalah Istri Yang Menghormati Suaminya


Tugas seorang istri adalah menghormati suami, sedangkan tugas seorang suami adalah mengasihi istrinya. Hal ini berkaitan dengan kebutuhan utama wanita akan kasih, sementara kaum pria sangat haus akan yang namanya penghargaan atau rasa hormat.

Lalu, mengapa seorang istri diwajibkan untuk menghormati suaminya, tanpa peduli seperti apa karakter dan sikap suaminya itu?! Jawabannya sangat mudah, intinya hanya satu, yah demi kebahagiaan si istri sendiri. Alasan pertama mengapa seorang istri wajib menghormati suaminya adalah karena suami adalah kepala istri.

Suami memang ditentukan oleh Tuhan sebagai kepala, pemimpin, bahkan ada yang menyebut sebagai imam dalam keluarga. Oleh karena otoritas itu, maka sebagai istri, kita harus mau menghormati dan menghargai suami sebagaimana kodrat yang telah ditetapkan.

Di dalam diri seorang pria, tak peduli seberapa kasar, jahat, atau dingin dirinya, terdapat benih kebaikan dan kelembutan yang terkadang belum tergali. Tugas kita sebagai istri adalah menggali dan mengembangkan benih itu.

Sorotilah kebaikan-kebaikan yang dia lakukan bagi Anda, sekecil apapun itu. Beri pujian untuk hal sederhana yang dia lakukan bagi Anda, maka dia akan termotivasi untuk melakukan banyak hal yang lebih lagi untuk Anda.

Syariat Islam telah mengatur hak suami terhadap istri dengan cara menaatinya (selama ia tidak keluar dari Syariat dan hukum Allah). Istri harus menaati suami dalam segala hal yang tidak berbau maksiat, berusaha memenuhi segala kebutuhannya sehingga membuat suami ridha kepadanya.

Surga Istri adalah Ridho Suami, mengapa demikian? Sebab: