Resep Sambal Tumpang Spesial Khas Kediri


Hampir semua masyarakat Indonesia, nggak peduli yang masih kecil atau yang udah tua, suka dengan makanan pedas, termasuk sambal.

Bahkan, kalo nggak ada sambal di rumah, rasanya makan kurang nikmat. Fried chicken, burger, pizza, dan beberapa makan yang lainnya mungkin cuman selingan. Nah, kalo Bunda lagi bingung mau coba resep apa, gimana kalo cobain nikmatnya resep sambal tumpang?

Sambal tumpang termasuk salah satu makanan khas dari indonesia loh Bunda. Kalo Bunda sering datang ke berada di beberapa daerah di Jawa, mungkin Bunda pernah menemuinya. Sambal tumpang adalah makanan yang diolah dari tempe, santan, dan beberapa bumbu yang kukus sebelum dimasak.

Asal menu sambal tumbang yaitu Kediri dan rasanya bener-bener khas. Kenapa sih disebut dengan sambal tumpang?

Soalnya sambal tumpangnya berada di atas, dipadu dengan nasi dengan sayuran rebus. Tetapi beberapa orang memanggil sambal tumpang ini dengan sebutan ‘sambal lethok’. Kalo di daerah lain, jenis makanan kayak gini memang ada, cuman memiliki nama lain.

Sekalipun khas dari Kediri, tetapi beberapa daerah juga banyak yang menjualnya, tentu saja dengan rasa yang agar berbeda. Bahkan Bunda juga bisa membuat resep sambal tumpang ala rumahan juga loh.

Karena uniknya kuliner sambal tumpang ini, tidak heran masih banyak yang suka. Sebenarnya sambal tumpang ini terbuat dari tempe yang agak busuk dan diberikan bumbu sehingga rasanya juga semakin lebih enak. Sayangnya, belakangan ini sambal tumpang semakin jarang untuk ditemui.

Untuk itu Bunda, ada baiknya untuk membuatnya sendiri untuk keluarga di rumah. Sambal tumpang ini tidak hanya dapat digunakan untuk hidangan keluarga Bunda ketika sedang berkumpul loh,

Bunda juga bisa kok membuatnya untuk hidangan hajatan kecil – kecilan, misalnya ada perkumpulan ibu-ibu di rumah, resep sambal tumpang akan menjadi makanan yang khas dan cocok.

Terus gimana sih cara membuat sambal tumpang? Bunda tidak perlu khawatir, berikut ini ada beberapa langkah resep sambal tumpang yang enak dan dapat dipraktekan di rumah: